«

»

Apr 07 2013

Silabus

SILABUS MATA KULIAH

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN

2012/2013

silabus (200x100)

1.   PER 11208 KIMIA ANORGANIK 3 (2-1)

Sifat-sifat, pengklasifikasian materi, pengukuran, satuan SI, struktur atom,Stoikiometri dalam reaksi kimia, konsep pembentukan ikatan kimia yang berhubungan dengan geometri molekul serta sifat-sifat zat kimia, Stoikiometri dan gas.

2.   PER 11308 KIMIA ORGANIK 3 (2-1)

Teori struktur, orbital molekul, ikatan ion, ikatan kovalen, geometri molekul, elektronegatifitas, momen dipole, teori orbital molekul, teori asam basa, gugus fungsi, struktur, tata nama, sifat fisik, pembuatan isomer, reaksi kimia dan mekanisme dari alkana, alkena, alkuna, alkadiena, alkilhaida, alcohol, eter dan senyawa aromatis, stereokimia dari senyawa hidro karbon dan stereoisomer dari senyawa-senyawa dengan atom C kiral.

3.   PER 11408 BIOLOGI 3 (2-1)

Keanekaragaman makhluk hidup, klasifikasi dan tatanan dunia hewan, tumbuhan dan protista.  Organisasi kehidupan, individu, populasi komunitas dan ekosistem.  Pola Biosfer: kehidupan mikroorganisme, kehidupan darat dan air.  Fisiologi: sel jaringan dan organ pada hewan dan tumbuhan.  Bioenergi: respirasi dan biosistesis.

4.   PER 11508 FISIKA DASAR 3 (2-1)

Pemahaman dalam menganalisa permasalahan yang berkaitan dengan penerapan hukum Newton, mengenai jenis muatan listrik dan interpretasinya dalam bahan medan, serta interaksi yang berkaitan dengan muatan yang dimaksud.  Menggambarkan medan listrik dengan menggunakan hokum Gauss, menginterfretasikan pengertian tentang potensi ES, komponen listrik, rangkaian dengan hambatan dan sumber arus searah, medan magnet, hokum Faraday dan Lenz, penerapan perhitungan pada penerapan RL, LC dan RLC.

5.   PTP 11108 PENGANTAR TEKNOLOGI PERTANIAN 2 (2-0)

Mengenalkan konsep-konsep dasar tentang teknologi pertanian dan unsure-unsurnya sebagai bidang-bidang teknologi dan bidang profesi serta keterkaitannya pada bidang teknologi dan profesi lainnya.  Selain itu juga dibahas tentang konsep-konsep industry pertanian, tinggal landas pembangunan pertanian, peran teknologi pertanian dalam agroindustri dan agrobisnis.

6.   PTP 11208 FISIKA TEKNIK 2 (2-0)

Berisikan pemahaman tentang gelombang dan cahaya, listrik arus searah dan arus bolak balik, proses pindah panas, termodinamika dasar serta sifat-sifat fluida.

7.   PTH 11108 KIMIA ANALITIK 3 (2-1)

Mahasiswa memahami dan mengaplikasikan prinsip pengukuran dan cara penggunaan peralatan analisa kimia di laboratorium, prinsip dan cara analisa tritimetri (asidimetri, alkalimetri, iodometri, argentometri), volumetri, gravimetri, keseimbangan kimia, spketrofotometri dan kromatografi serta memahami galat dan pengolahan data analitik.

8.   PTH 11208 PANGAN DAN GIZI 2 (2-0)

Penjelasan hubungan pertanian dengan pengadaan pangan dan dampaknya terhadap gizi penduduk. Pembahasan difokuskan pada masalah pangan dan gizi serta konsekuensinya terutama berkaitan dengan kesehatan dan kependudukan.  Selain itu juga membahas konsep dasar meliputi pangan dan gizi di era globalisasi, pola konsumsi pangan, status gizi, ketahanan pangan, peraturan dan kebijakan pangan dan gizi.

9.   PTH 11308 SATUAN OPEARASI I 3 (2-1)

Membahas pengertian prinsip-prinsip dalam pengolahan pangan.  Pembahasan difokuskan pada pindah panas, aliran fluida, pengeringan, pengecilan usuran dan pencampuran.  Selain itu juga membahas konsep dasar yang meliputi kesetimbangan massa dan energy, satuan dan ukuran.

10. PER 21108 STATISTIKA 3 (3-0)

Memahami dasar-dasar statistika aplikatif sebagai alat/sarana guna mengumpulkan, menata, menyajikan dan mendeskripsikan data (statistika diskriptif) serta dasar-dasar penyusunan hipotesis dan data hipotetik sebagai wacana pengujian hipotesis terhadap data empirik baik untuk analisis keragaman dan rerata, maupun untuk analisis regresi dan korelasi, interpretasi/kesimpulan hasil (statistic inferensia) serta parametric dan non parametric.

11. PTP 21308 PENERAPAN KOMPUTER 3 (1-2)

Pengenalan computer secara umum, lingkungan dan pemrograman bahasa Q Basic dan Turbo Pascal serta penerapannya untuk pemecahan persoalan analisis teknik di bidang pertanian.

12. PTP 21408 ALAT DAN MESIN PASCA PANEN 3 (2-1)

Membahas alat dan mesin pasca panen hasil pertanian yang meliputi berbagai jenis alat yang digunakan pada waktu panen, perontokan, pemipil, penegring, sortasi, pengupas/pemecah kulit, penyosoh, pengemas dan penyimpan.  Pembicaraan lebih ditekankan pada peralatan modern yang membahas tentang kontruksi, fungsi dan kapasitas kerja alat secara selektif/tepat guna.

13. PTH 21408 KIMIA FISIKA 2 (2-0)

Memahami sifat-sifat fisika zat cair, padat dan gas, sifat-sifat emulsi, reologi.

14. PTH 21508 BIOKIMIA I 3 (2-1)

Organisasi molekuler zarah-zarah dalam sel dan berhubungannya dengan fungsi sel.  Senyawa bioorganic seperti karbohidrat, lemak, protein, asam nukleat dan senyawa energy tinggi.  Enzim dan fungsinya dalam sel atau jasad hidup termasuk di dalamnya cara pengendaliannya.

15. PTH 21608 MIKROBIOLOGI UMUM 3 (2-1)

Sejarah perkembangan mikrobiologi, struktur sel prokariotik, ukariotik dan spora bakteri, yeast, jamur dan bacteriofag.  Morfologi dan fisiologi bakteri, yeast, jamur, peristiwa sporulasi, germinasi dan sublethal injure.  Kurva pertumbuhan mikroba dan factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhannya.  Metabolisme dan transport nutrient mikroba dan metode klasifikasi mikroba.

Praktikum: Mempraktekkan pembuatan media pertumbuhan mikroorganisme, teknik aseptic, mikroskopis dan sifat-sifat morfologi dan fisiologi mikroorganisme, terutama bakteri, kapang dan khamir.

16. PTH 21708 PENGETAHUAN BAHAN 3 (2-1)

Pengenalan sifat-sifat bahan yang digunakan dalam bidang teknologi pertanian, baik sebagai bahan baku industri dan bahan-bahan yang digunakan dalam proses.  Sifat-sifat yang akan dipelajari adalah sifat-sifat fisiologi, kimia, biokimia, nutrisi dan mekanis bahan baku berupa hasil pertanian.

17. PTH 21808 SATUAN OPERASI II 3 (2-1)

Membahas pengertian prinsip-prinsip dalam pengolahan pangan.  Pembahasan difokuskan pada pengeringan biji-bijian, rheologi, evaporasi, pendinginan dan proses separasi.

18. PTH 21908 MANAJEMEN OPERASI DAN PRODUKSI 2 (2-0)

Teknik-teknik pengambilan keputusan dalam kaitan operasi dan produksi agroindustri, mencakup metode program linier, pendugaan, manajemen persediaan, teori antrian, metode penugasan dan transportasi serta teknologi computer dan informasi dalam manajemen Produksi dan Operasi.

19. PTH 22108 BIOKIMIA II 2 (2-0)

Prinsip mengekstrak dan menyimpan energy yang berasal dari bahan maupun dari sinar matahari melalu beberapa jalur.  Penggunaan energy, khususnya untuk proses-proses biosintetik dan biodegradasi karbohidrat, protein dan lemak.

20. PTH 22208 KIMIA HASIL PERTANIAN 3 (2-1)

Membahas sifat kimia penyusun bahan hasil pertanian seperti karbohidrat, protein, lemak, asam organic, vitamin, enzim, pigmen dan flavor.  Proses perubahan masing-masing zat tersebut selama pengolahan dan penyimpanan.

21. PTH 22308 HIGIENE, SANITASI, DAN KEAMANAN INDUSTRI PANGAN 3 (2-1)

Pengertian tentang pentingnya hygiene dan sanitasi industry, jenis dan sumber kontaminan serta factor-faktor yang mempengaruhinya.  Higiene dan sanitasi lingkungan pabrik, bahan baku dan bahan bantu, peralatan dan bangunan pabrik, bahan alat dan metode pembersihan peralatan pabrik, gigiene dan keselamatan kerja, Hazard Analisis on Critical Control Point (HACCP).  Aspek keamanan pangan ditinjau dari bahaya mikrobiologis, kimia dan fisik dalam hubungannya dengan kasus-kasus keracunan pangan.

22. PER 31108 METODE ILMIAH 2 (2-0)

Membahas pengertian metode ilmiah, proses pemikiran ilmiah, komunikasi dan perlindungan ilmiah.  Mata kuliah ini juga membahas berbagai metode penelitian, perumusan masalah dan hipotesis, populasi dan sampel, proses dan variable pengamatan dan penarikan kesimpulan.  Mata kuliah ini juga membahas format penulisan ilmiah, penampilan data dalam tulisan ilmiah, penggunaan kepustakaan dan teknik persentasi.

23. PER 24108 RANCANGAN PERCOBAAN 3 (2-1)

Membahas tentang pemahaman prinsip-prinsip percobaan dan rancangan percobaan sehingga mampu memilih dan menggunakan rancangan-rancangan percobaan sebagai alat/sarana untuk melaksanakan percobaannya dan mampu menata, menyajikan, menginterpretyasikan atau  mengevaluasi hasil percobaannya secara efektif, efisien, dan benar sehingga menghasilkan kesimpulan yang benar dan tepat sebagai dasar penyusunan rekomendasi hasil penelitiannya untuk diaplikasikan.

24. PTP 31508 EKONOMI TEKNIK 2 (2-0)

Pengertian ekonomi teknik dan lingkungannya, nilai waktu dari uang, komponen dan analisis biaya alat/mesin pertanian, ongkos tahunan dan aliran dana, konsep model analisis dan aplikasi teknoekonomi untuk perencanaan, penilaian kelayakan dan implementasi agroindustri/agrobisnis dengan criteria NPV, Bcrasio, break even point dan internal rate of return.  Perencanaan proyek yang berkelanjutan dan peralasan lingkungan.

25. PTH 32408 ILMU GIZI 3 (2-1)

Sumber, fungsi dan peranan zat gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air.  Metabolisme zat gizi, pencernaan dan penyerapan oleh organ tubuh serta penyalurannya menjadi sel-sel tempat berlangsungnya proses metabolism lanjutan.  Enzim dan hormone yang terlibat serta factor-faktor pelancar dan penghambat metabolism.  Masalah-masalah kekurangan dan kelebihan zat gizi dan kesalaha metabolism.

26. PER 32508 ANALISA HASIL PERTANIAN 3 (2-1)

Metode umum penyiapan contoh-contoh untuk keperluan analisa kimia dan fisika.  Cara penentuan kandungan protein, karbohidrat, lemak dan minyak, air, vitamin, mineral, bahan anti gizi serta bahan aditif.  Teknik eksraksi, filtrasi, sentrifugasi, spektrofotometri dan kromatografi.

27. PTH 32608 FISIOLOGI DAN TEKNOLOGI PASCA PANEN 3(2-1)

Pentingnya fisioligi pasca panen dalam pengembangan teknologi pasca panen hasil pertanian.  Karakteristik hasil tanaman pasca panen.  Metabolisme respirasi dan etilen hasil tanaman pasca panen. Perubahan-perubahan fisiologi, fisik dan kimia pasca panen yang meliputi perubahan respirasi, etilen, warna, kekerasan, aroma dan flavor.  Perubahan fisiologis, fisikokimia yang terjadi akibat pengendalian kerusakan pasca panen secara kimia, pendinginan dan penyimpanan atmosfir seta teknologi pasca panen pada beberapa hasil pertanian.

28. PTH 24108 MIKROBIOLOGI PANGAN DAN PENGOLAHAN 2 (2-0)

Karakteristik pertumbuhan mikroorganisme dalam pangan, peranan mikrobia dalam kerusakan mikrobiologis bahan pangan.  Mikroba patogen dalam bahan pangan dan penyakit yang ditimbulkan.  Karakteristik mikroorganisme selama proses pengolahan dan faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan mikroorganisme selama pengolahan.

29. PTH 24208 TEKNOLOGI PENGOLAHAN 3 (2-1)

Dasar-dasar pengolahan hasil pertanian dan penggunaan berbagai bahan tambahan dengan proses tradisional hingga modern.  Memahami konsep pengolahan, dapat mengambil intisari pokok pengolahan dari berbagai kasusu pengolahan yang ada dalam skala kecil maupun besar.  Memiliki kemampuan dasar untuk merancang dan mengembangkan proses atau produk baru dalam berbagai tingkat sesuai dengan jenjang pendidikan yang ditempuhnya.

30. PTH 24308 EVALUASI SENSORIS 3 (2-1)

Penggunaan indera manuasia untuk menilai mutu dan penerimaan (akseptabilitas) produk pangan.  Pengenalan sifat-sifat dan jenis-jenis evaluasi sensoris serta factor-faktro yang mempengaruhi selmaa evaluasi sensoris.  Mekanisme evaluasi sensoris, cara pengolahan data dan penarikan kesimpulan.

31. PTH 34408 PENGAWASAN MUTU 2 (2-0)

Penekanan materi kuliah adaah konsep mutu, manajemen mutu dan peran pengendalian mutu dalam industry, dasar-dasar penerapan statistika pengawasan mutu, serta introduksi metode pengujian produk hasil perikanan secara objektif (kimia, mikrobiologis dan fisik).

32. PTH 34508 TEKNOLOGI PENGAWETAN 3 (2-1)

Falsafah landasan dan sistematika teknologi pengawetan, tipologi kerusakan hasil pertanian dan cara pengendaliannya, dasar-dasar teknologi pengawetan dan mekanismenya yang mencakup pengawetan menggunakan suhu rendah (pendinginan dan pembekuan), suhu tinggi (pasteurisasi, pengalengan dan gelombang mikro), bahan kimia, irradiasi, pengurangan Aw (pengeringan dan semi basah), fermentasi dan teknologi pengawetan modern dan penetapan atau pendugaan umur simpan produk pangan.

33. PTH 34608 TEKNOLOGI FERMENTASI 3 (2-1)

Dasar-dasar proses fermentasi, kinetika proses fermentasi, isolasi dan pengembangan kultur yang potensial, pengembangan inokulum, penyiapan medium, sterilisasi, optimalisasi proses, design fermentor, pemanenan, dan pemurnian hasil fermentasi, teknik scle up proses fermentasi serta contoh proses fermentasi skala industry (alcohol, asam sitrat dan bir).

34. PTH 34708 TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL TANAMAN PANGAN 2 (2-0)

Mata kuliah ini memberikan uraian sekilas botani dan uraian rinci karakteristik bahan baku mulai dari panen dan penanganan pasca panen, proses pengolahan disertai perubahan fisikokimia serta pengontrolan selama pengolahan komoditas serealia (padi, jagung), umbi-umbian (ubi jalar, ubi kayu, kentang) dan kacang-kacangan (kedelai).

35. PTH 34808 PENGEMASAN DAN PENYIMPANAN 2 (2-0)

Arti dan tujuan pengemasan hasil pertanian.  Kriteria dalam pengemasan.  Macam-macam bahan pengemas, cara pengemasan, design kemasan dan dasar pemilihan kemasan, penyimpanan dan penggudangan, penyimpanan dingin dan beku, modifikasi dan control atmosfir dan hama gudang.

36. PTH 34908 TEKNOLOGI PENGOLAHAN HORTIKULTURA TROPIS 2 (2-0)

Proses pengolahan sayuran dan buahan tropis menjadi berbagai produk makanan dan minuman, yang meliputi pengolahan minimal, jus, pengalengan dan pengeringan untuk menghasilkan raisin, serbuk instant, jam dann jelli, pasta dan lain-lain.  Perubahan fisika dan kimia selama pengolahan dan pengontrolan proses, serta mikrobia dan bahan tambahan pada produk olahan buahan dan sayuran.

37. PTH 35108 TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL TANAMAN PERKEBUNAN 2 (2-0)

Memberikan penjelasan mengenai sejarah perkebunan dan peran sector perkebunan dalam pembangunan, uraian sekilas mengenai budidaya dan uraian rinci tentang panen, penanganan pascapanen, pengolahan dan pohon industry komoditas perkebunan yaitu karet, kelapa sawit, kelapa, lada, teh, kopi dan kakao.

38. PTH 35208 TEKNOLOGI PENGOLAHAN LIMBAH 2 (2-0)

Mempelajari tentang dasar-dasar penanganan limbah, khususnya yang bersangkutan dengan pertanian dan industry yang berbasis pertanian.  Penjelasan tentang konsep limbah, jenis limbah, aspek teknis dan rancang bangun penanganan limbah, aspek lingkungan hidup dan pencemaran akibat limbah, beberapa kasus pemanfaatan limbah dan untuk memperluas wawasan mahasiswa dilengkapi dengan capita selekta berupa: dasar-dasar penelitian limbah dan pengantar advance by product management.

39. PTH 35308 THERMOBAKTERIOLOGI 2 (2-0)

Probabilitas kehidupan mikroba, criteria proses yang optimal, konsep waktu kematian termal, nilai D, nilai Z dan nilai F.  Berbagai cara untuk menentukan waktu stertilisasi komersial.

40. PTH 35408 EVALUASI GIZI DALAM PENGOLAHAN 2 (2-0)

Pengaruh pengolahan, penggunaan suhu tinggi, suhu rendah, pengeringan, iradiasi, fermentasi, penggunaan bahan kimia terhadap komponen gizi dan bioavailabilitas.

41. PTH 35508 BIOTEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN 3 (2-1)

Defenisi, ruang lingkup dan aplikasi bioteknologi, struktur dan fungsi DNA, isolasi dan manipulasi DNA, wahana cloning, enzim pemodifikasi DNA, teknik PCR, rekayasa genetic mikroba, ataman dan hewan transgenic, enzim terimobilisasi, teknologi fermentasi, manajemen koleksi kultur mikroorganisme, biteknologi, proses mengilir dan biotransformasi

42. PTH 35708 PANGAN FUNGSIONAL DAN FITOKIMIA PANGAN 3 (2-1)

Pengenalan pangan fungsional dan fitokimia pangan dalam kaitannya dengan kehidupan manusia, meliputi hubungan antara pangan, gizi dan kesehatan, fitokimia pangan (arti, sumber dan pengolahannya) dan aspek teknologi dan evaluasi biovaibiliti, penggolongan dan jenis pangan fungsional, sapek gizi (hubungan serat pangan dan kesehatan, modifikasi produk pangan, antioksidan dan pengaruhnya terhadap kesehatan), aspek keamanan dan efisikasi, regulasi pemerintah terhadap pangan fungsional.

Anda pembaca ke :2781